Wednesday, January 10, 2007

Its My Life : 90an - 2000an



Masa sekolah adalah masa yang penuh kenangan bagi kita semua, masa sekolah adalah masa dimana kita mulai mengenal ilmu dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak paham menjadi paham. Masa sekolah khususnya tingkat SMA adalah masa lanjut puber seseorang, disinilah biasanya seseorang mulai beranjak dewasa.
Teringat masa hingar bingar kelulusan-ku di masa SMA, seneng, bangga, enjoy, padahal belon tau abis ini mau kemana? Dalam hati aku sempat bertanya "enaknya nerusin kemana yaa..??" aakh...itu urusan belakang, yang penting hari ini aku lulus SMA dan pengen seneng-seneng, begitu ucapku dalam batin. Akhirnya aku lanjutin happy ending sampe jam 12 malem (ngapain aja???).
Padahal kalo kita pikir saat itu, kita adalah calon pengangguran Indoneisa, kok bisa bangga ya...? Tau neh anak SMA, Hey.. anak sekolah...!!! inget ama nasib bangsa doonk..!!!

Mentari pagi udah mulai muncul dan perlahan menyinari jendela kamarku, saat itu aku bangun dari tempat tidur dan duduk sejenak di kursi yang mengarah ke jendela, pelan-pelan aku buka jendela kamar, dan ...ough...ternyata sinar matari langsung menyorot ke mataku, sejenak mataku sempat silau, kemudian aku kembali duduk di kursi sambil menatap cermin, aku mulai bertanya-tanya, kalo udah begini trus mo kemana aku ini?? ... mo Kuliah? uang siap? uang darimana? emang kamu gak tau kehidupan keluarga lagi pas-pasan, hanya itu perbincangan yang selalu keluar dalam batinku, akhirnya saat itu aku putuskan untuk nyari kesibukan yang bisa menghasilkan uang.
Di pertengahan tahun 95 aku nyoba jadi kuli bangunan, kbetulan saat itu ada orang yang nyari tenaga tambahan buat ngerjain Musholla di kampungnya, akhirnya tanpa banyak pikir aku bilang sanggup dan bersedia di bayar berapa aja, hari demi hari mulai aku lalui di tempat kerja sebagai kuli bangunan karena gak biasa malemnya badan terasa pegel-pegel semua, serasa di tindih seribu badak *sambil lirik temenku BUDI ama DENDI , tanpa terasa akhirnya kelar juga kerjaanku, saat itu aku cuman di gaji Rp. 10.000 seminggu, aku cuman bisa ngucap Alhamdulillah rasanya puas banget bisa nyari uang sendiri.
Di akhir tahun 95 aku dapet kerjaan lagi sebagai kernet truck peti kemas dengan jurusan Surabaya - Jakarta, kebetulan sopirnya adalah pak lek ku sendiri. Ternyata kerja jadi kernet truck sama beratnya dengan pekerjaan yang aku jalani sebelumnya, kita harus tidur di sembarang tempat, istilahnya "Nek mangan koyo Rojo Nek turu Koyo Asu" maksud dari artian itu adalah bekerja sebagai sopir truck makan nya selalu yang enak-enak, tapi kalo tidur di sembarang tempat. Sedangkan untuk bongkar dan pasang muatan peti kemas membutuhkan antrian waktu hampir 10 jam, dari jam 7 pagi ngantri baru bisa bongkar dan dapet muatan jam 3 sore (tempat pulau gadung).
Di awal tahun 96 aku ganti kerja lagi di tempat om ku sebagao montir sepeda motor, waktu itu pengalamanku sama sekali nol, lha wong lulusan SMA kok kerja di bengkel motor yo gak nyambung to leeee....leeee. Sambil berusaha untuk belajar dan berusaha untuk bisa akhirnya mulai terbiasa bekerja di bengkel motor.
Pertengahan tahun 96, kayaknya tabunganku agak mulai cukup untuk nyari kursusan di Semarang, akhirnya aku nyoba nyari-nyari tempat kursus Komputer, ini sesuai dengan yang aku pengen, akhirnya pada saat itu aku masuk ke salah satu LPK Pendidikan Komputer di IMKA tepatnya (Jl. Veteran /Samping Polda Jateng), sambil ngerayu ortu buat nambah-nambah bayar bulanan akhirnya tercapai juga keinginan ku untuk mendalami ilmu komputer, tanpa terasa 1 tahun aku lalui belajar di IMKA akhirnya kelar juga, belon sempat aku di wisuda ternyata aku udah dapet tawaran kerja, seneng banget gitoe....
Dan akhirnya aku lalui hari-hari di tempat kerjaku dan dilanjut ke tahun 2000-an aku transfer ke jenjang yang lebih tinggi yaitu S1 tepatnya UDINUS, dan saat itu pula aku punya 2 kesibukan yaitu kuliah dan kerja, enak...enak...tapi capek juga. Berhubung saking citanya ama kampus aku hampir sempet jadi mahasiswa abadi. Dan .. dibawah alam sadar aku baru bisa di wisuda april 2006, gila banget neh anak, kuliah sampe molor taonan... :D


Pesan singkat :
Buat semua orang-orang yang aku cintai dan yang udah membantu aku dari sejak SMA sampe aku bisa jadi orang beneran...aku cuman bisa berucap Terima Kasih.....Terima Kasih....dan Terima Kasih, aku sadar, tanpa kaliyan semua aku bukan apa-apa, belon tentu aku bisa bekerja seperti sekarang. Mudah-mudahan semua kebaikan kaliyan dapet pahala yang setimpal dari Allah...Amin.

3 comments:

wah,, menarik juga ceritamu Ban,,
emang kalo membicarakan masa lalu itu seperti melihat warna warni kehidupan kieta,, ciee,,
jebule ndisik yo tau "nguli" juga yo...sama dwonkkk,

ndak yoo? berarti kita senasib sepenanggungan..hayyah

salute..
mantap banget ceritamu, ban..
setiap usaha pasti akan membawa hasil..
as you sow, so will you reap..
bener ndak ya, pepatah boso inggris-ku? hehe..
tidak ada orang yang beruntung, yang ada hanya orang yang bekerja keras..