Sunday, February 25, 2007

Kuliner Dewe

Sehabis kumpulan sama jeruk2 Loenpia Dendi Budi Wedhouz Fian yang bangunnya pada kesiangan, akhirnya sampe rumah mencari hiburan sendiri dalam acara 1 jam bersama sea food Iwak Bandeng, berangkat ke pasar jam 1 siang trus beli 2 ekor bandeng : 1 pejantan dan 1 betina, kemudian dilanjutkan pulang ke rumah dan langsung menuju dapur, berikut langkah-langkah dan cara memasak :

Langkah Pertama 2 ekor bandeng di cuci terlebih dahulu dan dikupas kulitnya (boso jowone di sisiki), untuk bandeng pejantan harus dipegang buntutnya agar tidak macem2 dan lebih manut sama yang masak, sedangkan bandeng betina harus menggunakan cara persuasif dengan cara dipegang bagian tengahnya untuk memastikan bandeng betina tidak sedang hamil (kalo lagi hamil kasihan doong).


Langkah Kedua setelah selesai dikupas dan di bersihkan, 2 ekor bandeng siap di iris, dalam mengiris bandeng dahulukan bandeng betina karena bandeng pejantan harus menjaga bandeng betina dalam proses penyembelihan. Dalam proses mengiris bandeng lihat jumlah anggota keluarga, jika anggota keluarga lebih dari 3 orang maka irisan bandeng dibuat menjadi 6 bagian



Langkah Ketiga setelah bandeng selesai di iris2 langkah berikutnya adalah "mbumboni" ato memberi bumbu pada bandeng yang sudah di iris (bumbu yang dipake seperti biasa : garam, bawang putih, air dan penyedap rasa lainnya). Biar bumbu merata taruh bandeng dan bumbu yang di masukkan ke dalam panci kemudian di aduk2 sekitar 10 x.




Langkah Keempat adalah bandeng siap untuk di goreng, ingat segala sesuatu tentang bandeng dahulukan bandeng betina, dalam menggoreng bandeng jangan terlalu lama dan jangan sampe gosong, gorenglah bandeng sesuai perasaan dan hati nurani saat memasak bandeng ato ikuti selera anda.



Langkah Kelima bandeng siap untuk dihidangkan dan dilahap, jika masih ada waktu taruhlah bandeng kedalam meja makan dan tata dengan rapi, jika anda sudah sangat kelaparan langsung aja bandeng taruh dipiring dan beri nasi secukupnya, ingat jangan lupa berdoa. Sekian info kuliner dewekan yang dipersembahkan oleh JSF (Jeep Sea Food) selamat mencoba dirumah masing-masing.


11 comments:

jadi lapar... pagi2 nglihatin jiban bikin makanan... :P

bandeng termasuk SEA(??)food kah?...
ada yang kurang tuh kulinere...sambel...ama lalapan...trus jus jeruk...

pesen massss...

`Fried Bandeng by Chef Jiban`
Ndang buka resto bandeng goreng, aku bagian ngicipi y...

bandeng,kok goreng bandeng..????

tuu penggorengannya item2 gt, wahh ga higienis, mb fanny sikat tuhh jiban

hebat ya bisa masak, terakhir aku masak ikan sama temen-tmen (laki-laki semua) gagal total. mungkin untuk masak-masak berikutnya kita pangil jiban buat jadi koki

bandeng? waaaaaaaaa that's my favorite!

*jadi inget ibu mertua* :D

lah... ngapain beli sepasang... jantan n betina... kalo cuma mau digoreng... mending diternakin aja... hehehe...

hmmm.... bandeng-e mak nyuussss....