Thursday, April 05, 2007

Asap Berkah


Sepulang dari kerja di tengah2 perjalanan aku di hadang oleh ribuan asap yang menutupi jalan yang banyak dilalui oleh orang-orang termasuk diriku, sepintas dari kejauhan aku dah mikir..."wah ini yang bikin mata pedes dan bau sangit...". tapi mau gimana lagi, emang ini jalan satu-satunya yang harus di liwati, aku lebih memilih jalan ini untuk pulang dari kerja karena alasan kenyamanan, lebih teduh dan tidak terlalu panas, kebetulan kanan dan kiri jalan adalah persawahan, biasanya sehabis masa panen tiba para petani membakar semua jerami dari hasil panen sawahnya, mungkin cara ini masih dianggap paling efektif oleh para petani, dan mungkin saja belom ada cara laen yang bisa dilakukan oleh para petani.
Tapi ada juga beberapa petani yang menjual jerami ke orang lain sebagai makanan ternaknya.

Alhasil :
1. Asap hasil pembakaran jerami merupakan berkah bagi para petani sehabis panen.
2. Asap hasil pembakaran jerami dapat mengganggu orang lain dan menyebabkan polusi
menurut anda manakah yang perlu di cermati diantara 2 pilihan tersebut.


8 comments:

bukannya emang dari awalnya udah bau sangit... hihihi...

=mela : kok km tau klo badanku bau sangit, huehuehue

=mela : kok km tau klo badanku bau sangit, huehuehue

whoah,,, diriku ngga bisa motret asap sejelas itu T_T

hmm,,, walo menyebabkan polusi tapi tetep ada gunanya kan? malah penting banget lagi :D

kenapa gak dijualin buat pangan ternak kabeh y?

jeraminya dibakar itu ..hasilakhirnya buat nyuburin tanah loh mas huda...

tapi bapakku ga pernah bakar jerami juga seh (bapakku petani)..soale jerami/batang padinya dijual ke pembuat genteng..

betewe..yg pasti bakarnya jgn pas udara lembab..biar udarane ga diem dibawah..

kalo masalah kebauan..salahmu jib..kok lewat sana..dari jauh kan sudah bisa didetect to..