Friday, June 22, 2007

Ritualisasi ???

Ritual Malem Jumat Kliwon




Ada sesuatu kegiatan yang unik yang biasa dilakukan oleh orang-orang masyarakat Kaliwungu khususnya dan para pendatang umumnya, mereka mempuyai kegiatan ritual atau yang biasa disebut dengan "ngalam berkah". Kegiatan ini sendiri belangsung mulai pukul 01.00 wib dinihari sampe menjelang fajar tiba, kegiatan yang mereka lakukan sedikit aneh dan unik, setiap malem jumat kliwon tiba mereka melakukan ritual mandi di pantai Ngebum Kaliwungu, pelaku ritual itu sendiri beraneka ragam, dari mulai balita, anak-anak, remaja, sampe orang tua, dan lebih uniknya lagi mereka2 para psk dan waria juga terlibat melakukan kegiatan ritual ini.

Asal mula dari ritual itu sendiri tidak begitu jelas, menurut sumber yang ada, kegiatan mandi di pantai setiap malem jumat kliwon itu sendiri sudah berlangsung turun temurun dan puluhan tahun yang lalu. Pelaku ritual itu sendiri mempunyai tujuan yang beraneka ragam, misalkan ibu2 yang sedang memandikan anaknya yang baru berusia 9 bulan mempunyai tujuan agar anaknya terhindar dari segala penyakit dan bahaya, lain lagi dengan yang dilakukan oleh para psk, mereka mempunyai tujuan sebagai penglaris atau agar dagangannya laris (maksudnya dagangan apa neh :D ??), lebih uniknya lagi para peserta ritual ini terutama para psk biasanya mandi dengan tidak memakai sehelai benang pun alias telanjang bulat, dan semua pakaian dalam harus di buang ke laut...ck...ck..ck. Saat menjelang fajar tiba kita bisa melihat sisa-sisa dari kegiatan ritual ini, bukan sampah plastik yang kita temukan akan tetapi banyak sekali berserakan celana dalam perempuan dan laki-laki yang tidak terbawa arus air laut...weleh-weleh....anda penasaran?!?!
Hal seperti ini tentunya membawa berkah tersendiri bagi para pedagang makanan, pendapatan mereka di malem jumat kliwon ini bisa meningkat sampai 2 kali lipat.


16 comments:

PSK ikut ban...????
tumben kamu mau..????

itu asli bisa dapet berkah?!??!! Abis celana dalem berapa bhan? :P

bhan, itu anak2-mu dari istri ke-4 mu yah????
tobat bhan bok tobatttt!!!!!!
ahueahueahuea :p

kamu bukan yang PSK itu kan?... hahaha... :D

Ban.. Ban..
mbokya daripada mungutin celana dalam para PSK yang belum jelas berkahnya, mending kamu munguti sampah di jalan-jalan, pasti dapat pahala!!!

*kabur nyebur kalo bodri*