Saturday, March 15, 2008

Audio Record Part-1


MUSIC RECORD in ACER (Aspire 5051)

Part One


http://youtube.com/watch?v=9Zt3kOfs9Lc

Berawal dari kegemaranku akan music akhirnya aku nyoba otak-atik bikin musik record sendiri, biasanya laptopku sering dipakai buat ngeplay music mp3 dengan tambahan speaker jumbo pada acara nikahan, ultah, atau acara-acara lainnya. Terakhir aku pakai pada acara konser musik ultah Komunitas Lembah Baliem, disini laptopku berfungsi sebagai musik latar atau background di sela-sela rehat. Nah untuk kali ini aku pengen berbagi pengalaman tentang membuat music sendiri dengan menggunakan Acer (Aspire 5051) sekaligus sebagai bukti bahwa laptop dengan harga murah belum tentu minim fasilitas….heheheh.

Sebelumnya siapin software Realtek (untuk software ini udah ada pada cd driver Acer), kemudian install Cool Edit Pro versi berapa aja sebagai media software perekam suara baik dari Guitar, Bas, Piano, Drum, Microphone, TV, Radio, MP3, MP4 atau media player lainnya.
Perlu diketahui bahwa soundcard yang ada pada laptop ini bisa dibilang sangat bagus untuk ukuran dikelasnya, dimana pada soundcard laptop Acer (Aspire 5051) terdapat 3 fasilitas yaitu sebagai : Headphone yang berfungsi sebagai output suara dari laptop dengan media tambahan seperti headset, speaker aktif, Microphonerophone/Voice berfungsi sebagai media input suara yang lebih sering digunakan untuk voice pada chating, Line in disini berfungsi sebagai media input dari luar masuk ke laptop seperti suara gitar, piano, drum, atau dari media kaset tape recorder yang kemudian akan terekam ke dalam laptop.
Perangkat tambahan yang harus kita siapin adalah :
• Jek Stereo – RCA (untuk menghasilkan suara stereo L & R menjadi balance)
• Sambungan Jek RCA ke STEREO (ini ada hubunganya dengan Jek Stereo – RCA)
• Sambungan STEREO ke TOA (berfungsi untuk menghubungkan alat music ke laptop)
Kemudian sambungkan perangkat tersebut sesuai dengan posisinya. Jika Jek sudah tersambung dengan benar maka akan terlihat pada gambar, dari gambar tersebut bias kita lihat bahwa untuk jek Stereo masuk ke Line in pada sound card laptop sedangkan jek TOA masuk pada media alat music seperti guitar atau piano. Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah mengecek suara yang di dihasilkan dari guitar atau piano apakah sudah tersambung dengan laptop, jika sudah maka suara petikan guitar akan terdengar dari speaker pada laptop (untuk terdengar lebih jelas gunakan headphone atau speaker aktif). Nah….untuk sementara ini dulu tips-tips yang bisa diberikan, untuk selanjutnya anda bisa pelajari software Cool Edit Pro untuk mengolahan record audio dan editing dari buku-buku…ok nantikan postingan berikutnya tentang MUSIC RECORD in ACER (Aspire 5051) Part Two



14 comments:

job desc baru yo Jib...
Music Arranger and editor..?

ok..ok..saya ga mudeng mas..:P

ntar kalo udah sukses jadi music arranger... kirim-kirim parcel ke aku ya... :))

hehehehehehehe... hebad.. aseli hebad.. anak'e pak kyai jadi musisi.. siiiipppppppp...

kutunggu kehadiran loenpia perjuangan.. wakakakakakakak