Wednesday, May 21, 2008

Virus .exe


Mengembalikan File Ms. Word (.doc) yang terkena Virus (.exe)

Sebenernya ini virus lama, tapi bagi yang blon tahu tentu bisa jadiin pusing kepala. Awal mulanya 3 pc di kantor terkena virus yang bernama "syaharani.exe", ternyata usut punya usut virus itu menyerang semua dokumen yang berasal dari Ms. Word (.doc) dirubah menjadi .exe, bisa kita pastikan file tersebut tidak bisa kebuka dan hanya menampilkan kode-kode ascii aja. Trus akhirnya aku coba pakai beberapa antivirus seperti : AVG, Antivira, Avast, dan ternyata virus langsung terdeteksi cuman masalahnya anti virus tersebut tidak mampu mengembalikan file .exe menjadi Ms. Word kembali. Ada beberapa tips jika kita mendapati virus seperti itu :


1. Jangan gunakan antivirus lain dulu untuk scan, soalnya antivirus itu akan langsung mendetek dan langsung menyembunyikan/menghapus file-file dari pc kita yang terkena virus termasuk file .exe yang berasal dari Ms. Word.
2. Install PCMedia Antivirus (PCMAV-SE) pada pc anda. (untuk men-download anda bisa cari di google, disitu banyak dan gratis.
3. Jalankan PCMAV-SE (tampilan pertama yang muncul seperti gambar berikut)
4. Tentukan lokasi (drive) yang akan di scan, kemudian klik scan
5. Jika terdeksi maka file-file yang terkena virus akan ditampilkan pada "List of detected File".
6. Untuk mengubah kembali file .exe menjadi .doc, kita tinggal meng-klik menu "Cure Files", secara otomatis file akan kembali menjadi .doc dan bisa kita buka dengan Ms. Word kembali.

Selamat mencoba, semoga tidak ada halangan.

13 comments:

fixed yg no 1.
itu file doc nya bukan ke delete sama antivirus, yg bener dibikin super hiden oleh antivirus... makanya jeep jangan pakai win, waktumu habis unt ngurusin virus2 saja
*kampanye anti windows mode on*

2008 msh ada virus..!!!!



komputer katrok..!!!!













































































*ngelus2 tosiba L40*