Sunday, June 01, 2008

Pancasila itu...???


Pancasila Riwayatmu Kini ....


1 Juni merupakan hari kelahiran Pancasila, namun lambat laun searah dengan perkembangan kehidupan masyarakat mungkin Pancasila hanya dikenal sebagai lambang yang tertera dalam burung garuda, hehehe...jaman SD sampai SMA mungkin anak sekolah bisa menghapal dengan mudah, tapi begitu masa sekolah selesai mungkin kita sudah tidak bisa menghapal isi pancasila dengan benar ... hmmmm ... Coba sejenak kita lihat 5 sila yang terdapat dalam Pancasila :
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan
dalam permusyawaratan perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

sebagai warga negara Indonesia yang baik, tentu hapal dong dengan 5 sila yang ada di dalam Pancasila..??, coba luangkan waktu 5 menit sejenak dan mulailah anda menghapalkan kembali 5 sila tersebut...hehehehe, beberapa cuplikan berita yang aku liat di tv-tv swasta banyak beberapa orang ternyata lupa bahkan tidak hapal 1 pun isi dari Pancasila...hmmm, memang kalo dipikir-pikir daripada menghapal isi Pancasila lebih baik menghapal harga BBM dan harga sembako yang makin gak karuan...kekekekek.

1 hal lagi yang menjadi pertanyaan dalam diriku, mereka-mereka yang suka berbuat anarki bahkan sampai melukai sesama manusia...tau gak sih kalo di negara kita itu ada Pancasila, didalam lagu Garuda Pancasila terdapat bait " Pancasila dasar negara...", nah...ini kan lagi musimnya pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur, coba anda datangi mereka, trus coba anda minta dia untuk mengucapkan sila 1 sampai sila ke 5 yang ada dalam Pancasila, kalo emang dia bener-bener seorang wakil rakyat sejati tentunya hapal doonk, lha trus nek gak hapal piye...?? berarti bisa dikatakan kalo mereka adalah calon gubernur jadi-jadian...emaaaang !!


13 comments:

keliatannya sudah tidak aja Pancasila deh, yg ku maksud disini soal pidato SBY yg tentang kenaikan BBM...didalam pidato tsb disinggung tentang Pancasila ...intinya sepeti ini dalam sila ke 1 sudah diubah sama SBY dari "Ketuhanan Yang Maha Esa" menjadi "Ketuhanan Yang Maha Kuasa"

kuharap km tau arti dari perubahan kata2 itu

yg penting sih pengamalannya tp orang skrg juga udah lupa ngamalinnya ... phew!!

pancasila jakarta ama kendal beda ban..!!!!

saya sih yakin kita masih Pancasilais, cuma untuk jadi nasionalis itu yang susah..at least buat saya..

tan.. setan...
negoromu durung pisah soko indonesia kan???