Monday, October 27, 2008

Yamaha...??


Yamaha Riwayatmu Kini....


Desas-desus, grusa-grusu, ngomong-ngomong dan konon kabarnya....mulai saat ini sistem pembelian motor produk Yamaha tidak bisa dilakukan dengan cara "cash" alias dibayar tunai, melainkan hanya bisa dilakukan dengan cara "kredit" alias di cicil.
Benar enggaknya aku buktiin dan langsung meluncur ke beberapa dealer Yamaha yang ada di kota Semarang dan Kendal. Ternyata memang benar, hampir smua unit motor Yamaha tidak bisa di beli dengan cara cash/tunai, tetapi ada juga dealer yang membolehkan kita membeli dengan cara cash tapi hanya utuk produk Yupiter MX saja, sedangkan di dealer lainya hanya Vega-R saja yang boleh dibeli dengan cara cash. Seperti yang di akui oleh salah satu bagian sales Yamaha dia mengatakan kalau penjualannya untuk bulan-bulan ini menurun drastis hal ini dikarenakan kebanyakan orang tidak mau membeli motor dengan cara kredit....hmmmm.
Terakhir aku coba ke dealer Yamaha yang lebih gede lagi yang berada di sekitar Tugu Muda, disitu aku coba nanya dan ngobrol-ngobrol ama bagian salesnya dan dia menjelaskan semuanya "untuk saat ini kami belum bisa memberikan pejualan dengan cara cash, bukannya tidak boleh atau tidak bisa melainkan belum bisa" katanya seperti itu, dan dia juga menambahkan kalo semuanya ini tidak lebih dari sekedar politik dagang semata, dan dikarenakan adanya lonjakan pesanan dalam jumlah banyak, "contohnya untuk motor V-ixion stok kami dibatasi dari pusat (jakarta)". Memang benar peminat motor V-ixion memang banyak, sampai harga bekas/second motor V-ixion mencapi Rp. 21 juta padahal harga barunya Rp. 19.320.000. Selain adanya sistem pembelian dengan cara kredit, untuk pembelian motor V-ixion ini juga harus melalui pemesanan terlebih dahulu paling cepat 1-2 bulan...hmmmm, udah kredit masih harus indent.....???
Dari pihak sales memberikan solusi dengan cara kredit cepat, sistemnya begini : misalkan kita ambil motor V-ixion seharga Rp. 19.320.000 dengan cara kredit, kemudian kita ambil uang muka maksimal Rp. 14.800.000 dan kredit Rp. 575.000 x 11 bulan, disini kita bisa mengangsur hanya 3 kali angsuran dan diangsuran yang ke-3 ditambah sisa angsuran ke 4,5,6,7,8,9,10 dan 11 artinya kita lunasi semua sisa angsuran pada angsuran yang terakhir atau ke-3 tanpa ada bunga (hanya uang pokoknya saja yang kita bayar pada angsuran 4-11). Untuk Yamaha sendiri bekerjasama dengan BAF dalam pembayaran angsuran motornya. Jangan-jangan ada main mata neh Yamaha ama BAF ?? atau Yamaha ada hubungan besan ama BAF ???...hehehehe...tau dech.

Gimana...?? Masih mau beli motor Yamaha ???


18 comments:

iya parah tuh marketing nya Yamaha.. mentang-mentang, sombong pulak..

Iya nih.. aku barusan ambil Mio 2008
dan nggak bisa cash..

akhirnya pake cara bayar 2 kali langsung lunas..
cuma kalo pake BAF itu kena penalti 7% dari sisa pembayaran.. huhuhuhu

sy jg kecewa dengan dealer Yamaha yang ada di Balikpapan. semua dealer memprioritaskan untuk kredit, hasilnya sy ga jadi ambil mio karena ga bisa cash, sy pindah produk lain ajah karena bisa cash. payah banget Yamaha, klo begini terus merugikan mereka sendiri.