Monday, August 20, 2012

1433 H

Selamat Idul Fitri 1433 H 
Minal Aidin Wal Faizin 
Mohon Maaf Lahir dan Batin
 
Tradisi sungkeman antar warga Kp. Sarean RT.02/RW.IX Desa Krajankulon Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Yaa...tepatnya di kampungku sendiri, dulu awal mulanya tradisi sungkeman dilakukan warga dan para remaja kampung Sarean dari rumah ke rumah, lambat laun tradisi mulai diubah sekitar 20 tahun yang lalu dimana waktu itu para Ikatan Remaja Sarean (IRS) membuat acara Halal bi Halal di serambi Mushola kampung Sarean setiap habis menjalankan ibadah Sholat Id di Masjid, hal ini dilakukan untuk menghemat waktu tenaga dan makanan lebaran tentunya hehehhe...*guyon.  

Acara Halal bi Halal ini di ikuti oleh semua warga kampung Sarean yang di pandu remaja kampung. Dan ternyata cara seperti ini dirasa sangat efektif, karena semua warga kampung bisa hadir dalam satu acara, ini tentunya beda jika dilakukan muter dari rumah ke rumah, tanpa terasa tradisi ini sudah berlangsung puluhan tahun. Konon kabar acara ini juga di tiru oleh kampung-kampung lain.

 Ya...memang lebih enakan ngumpulin warga jadi 1 dengan sebuah tema Halal bi Halal. Acara ini sendiri diawali dengan Tahlilan dan do'a bersama, kemudian renungan hikmah Idul Fitri oleh tokoh masyarakat di kampung dan diakhiri dengan berjabat tangan antar sesama warga kampung Sarean. Jadi...simak aja video liputannya gan...jangan lupa ketupatnya di belah yaa...hehehe :D

8 comments:

Selamat merayakan hari raya Idul Fitri ya mas! :)
Daerah rumahku juga begitu, selesai sholat Ied pada halal bihalal di halaman masjid

waah berarti tradisinya sama, met lahir batin ya mbak

makan lontongnya juga jangan lupa bang