Monday, December 24, 2012

#TripJateng - Kudus

#TripJateng Hari Pertama
Demak - Kudus

Melanjutkan perjalanan #TripJateng hari pertama setelah kota Demak tujuan berikutnya adalah kota Kudus, ada dua tempat yang kita kunjungi yaitu museum Kretek yang merupakan sejarah keberadaan rokok Kretek di kota Kudus dan Masjid Menara Sunan Muria Kudus.
Museum Kretek diresmikan pada tanggal 3 Oktober 1986 oleh Soeparjo Rustam Gubernur Jawa Tengah pada waktu itu dan musem Kretek di kota Kudus ini merupakan satu-satunya museum kretek di Indonesia, bahkan di dunia. Nama rokok kretek sendiri berasal karena saat rokok cengkeh tersebut di isap menimbulkan bunyi "kretek-kretek" oleh sebab itu disebut rokok kretek, tentunya ini berbeda dengan rokok filter.
Didalam museum "Kretek" ini sendiri kita dapat melihat sejarah dan evolusi dari masa ke masa rokok "Kretek" itu sendiri termasuk peralatan dan benda-benda yang dipakai pada masa itu. Selain dapat mengunjungi museum "Kretek" kita juga dapat menikmati permainan Waterboom, Ember Tumpah, Mini Movie, dan fasilitas penunjang lainnya, sampai saat inipun museum "Kretek" masih terus dikembangkan dalam segi obyek wisatanya. Jadi yang akan berwisata ke kota Kudus jangan lupa mampir ke museum "Kretek.
Setelah mengunjung museum "Kretek" tujuan berikutnya adalah Masjid Menara Sunan Muria yang terletak di desa Kauman kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Seperti halnya di kota Demak, rata-rata para pendatang berziarah ke makam wali, nah...di lingkungan Masjid Menara Sunan Kudus ini juga terdapat Makam Sunan Kudus yang sering menjadi tujuan utama para peziarah untuk melakukan do'a dan tahlil.
Dari segi kuliner kota Kudus terkenal juga dengan makanan Jenang, sampai saat ini di Kudus sendiri sudah banyak home industri yang memproduksi makanan jenang, gak lengkap rasanya kalo berwisata di kota Kudus tanpa oleh-oleh jenang Kudus.
Jadi selain terdapat museum dan peninggalan wali songo Sunan Kudus ada juga makanan khas dari Kudus sendiri, lengkap deh gak nyesel kalau kita jalan-jalan di kota Kudus, karena banyak tempat tujuan wisatanya.

video perjalanan di kota Kudus


18 comments:

museum kreteknya kereen...