Saturday, October 12, 2013

Membuat Tali ID Card Sendiri

Semoga gak trauma dengan posting memposting :D, yang berlalu biarlah kabur, yang penting jangan nyemil kacang saat  lembur posting...hahahaha... :P
Pernah denger tali hp atau tali yang biasa dipake buat ID Card?, nah untuk kali ini ane mau berbagi soal pembuatan tali id card sendiri, soalnya kalo pesen itu harus 50biji minimal, padahal per biji nya bisa mencapai 10ribu untuk ukuran tali 2cm, sedangkan untuk ukuran 1cm dan 1,5cm bisa sampe 6ribu. Setelah puter otak akhirnya punya ide bikin tali id card sendiri dengan memanfaatkan temen yang punya usaha sablon, jadi gak ada salahnya mencoba kreatifitas.

Pertama yang perlu disiapkan adalah 1 rol tali nilon, biasanya gak boleh beli ngecer meteran jadi belinya langsung 1 rol=50meter, warna bisa milih merah, biru, putih, hitam, dan ukuran lebar tali juga bisa milih mulai dari ukuran 1cm, 1.5cm dan 2cm. semua tergantung kebutuhan, kalo yang aku pake kali ini ukuran 2cm.
Kedua siapin bandul penjepitnya, disini banyak sekali pilihan model penjepit, jangan lupa ukuran bandul penjepit disesuaikan dengan lebar ukuran tali tadi 2cm.
Ketiga jika diperlukan tambahkan sabuk sebagai sambungan tali, jadi bisa dijadikan 2 ukuran nantinya, kalo pengen buat kalungan di leher bisa ditambahkan, jika tidak kita bisa lepas di sambungan gesper sabuknya tadi, ukurang gesper sabuknya juga disesuaikan jangan terlalu besar karna gak sesuai dengan lebar tali yang 2cm tadi.
Keempat siapkan kelingan untuk penjepit sambungan pada tali bandul, kalo bisa beli kelingan yang model bampet depan belakangnya, jangan sampe salah kelingan berlubang buat sepatu atau celana.
Kelima jika kebutuhan tali untuk gantungan id card atau hp sudah semua, berikutnya persiapan ke sablonya, desain terlebih dahulu tulisan yang akan disablon pada tali tadi, kalo bisa ukuran tulisan jangan lebih dari 1,5cm tapi kalo mau di fullkan ya monggo, lihat bagaimana enaknya :D. Setelah desain tulisan selesai cetak dengan menggunakan printer laser jet, kalo kepepetnya pake printer biasa gak papa asal hasil cetakan bener-bener hitam, karna bisa mempengaruhi pembuatan screen film dan sablonanya nanti.
Keenam sebelum screen film selesai dibuat, alangkah baiknya kita tentukan daerah tali yang akan disablon, disini saya pake 4x sablon atau 4 tulisan, 2 dibagian kiri dan 2 dibagian kanan. Jika sudah yakin dimana letak tulisan yang akan disablon, selanjutnya potong tali dengan ukuran per 1meter, atau bisa kurang bisa juga lebih tergantung kesenangan dan kebutuhan, biasanya yang beredar dipasaran itu ukurannya 1meter dan ditambah 9cm jika ingin dibentuk model ada sambungan gesper sabuk.
Lanjutkan menyablon tulisan ke tali dengan hati-hati, usahakan posisinya jangan sampe ada yang geser, kalo geser gimana? ya gak papa namanya juga newbi :D
Ketujuh jika sablonan sudah benar-benar kering langkah terakhir lakukan penjahitan atau bisa menggunakan keling tadi untuk mengunci sambungan pada tali.

Simple sebetulnya kalo udah tau tekniknya, mungkin yang adak ribet adalah proses pembuatan screen film untuk sablon nya dan penjepitan dengan keling ato pengelingan pada tali .
Gimana? tertarik membuat? Selamat mencoba .....




postingan ini tidak ada maksud melas dan pamrih untuk mendapatkan juwara, postingan ini hanya share biasa dan bagi-bagi ilmu kreatifitas. 
*hidup kacang



23 comments:

aku sering butuh, Jeep. Untuk yang ukuran 2 cm sudah dengan sablon berapa jatuhnya per set? *tidak termasuk plastik nametag-nya.

Huoo...
Tapi aku ga pernah make ID cardku
Fotone culun! :)))

Uwooooghhh....

*numpang komen*

ada ya bungkus kacang yang 2CM?
eh...

Kok akunya malah punya detikcom, seputarsemarangcom nggak punya ya, aneh... :P